Pengalaman Stir Mobil Jakarta Tasik Jalan Berliku Naik Turun

loading...
loading...
Pengalaman Stir Mobil dari Jakarta menuju Tasikmalaya dan ini adalah pengalaman pertama yang sangat membuat jantung berdebar-debar karena jalanannya luar biasa

Pengalaman Stir Mobil Jakarta Tasik Jalan Berliku Naik Turun



Pengalaman Stir Mobil Jakarta Tasik Jalan Berliku Naik Turun

Stir Mobil mungkin kalau ke arah Jawa Tengah seperti Pemalang atau Semarang masih nyaman lah karena jalannya masih dibilang enak dan lurus saja, Tapi kalau ke arah Tasikmalaya ini adalah perjalanan penuh dengan petualangan

Untuk menuju ke Tasikmalaya kita harus melewati Tol Cipularang mungkin ini ga terlalu ekstrim yahh naik turun dan belokannya biasa saja tapi kalau sudah denger NAGREK hemmmm
Mobil Matic simple ga terlalu susah, Dan latihan ekstra khusus Mobil Manual karena kalau pas nanjak dan macet merayap harus sudah mahir memainkan setengah kopling dan setengah gas, karena kalau posisi nanjak merayap mau ga mau kita pakai trik ini ga mungkin kan pakai hand rem terus.

Gerbang Tol Cileunyi GTO

Langsung saja ke Topik ya.....

Pengalaman Stir Mobil Jakarta Tasik Jalan Berliku Naik Turun

Pengalaman Stir Mobil Jakarta Tasik Jalan Berliku Naik Turun

- BAWA KENEK/KONDEKTUR
Maksutnya disebelah kiri kita suruh waspada jangan meleng bahkan sampai tidur
buat jaga-jaga atau ngasih kode ke kita, misal awas depan pelan-pelan/awas tikungan tajam/awas rem mobil depan sudah ngerem/awas belakang mau nyelip tuh lupa kasih sign atau sengaja? dll

- CEK KONDISI MOBIL
Ini ga perlu dibahas lah kalian bisa prediksi sendiri
seperti air wiper,air radiator,oli,ban dll
Jangan lupa sedia air putih dan perbanyak minum air putih

- STNK SIM
Karena saya tiga kali selalu ketemu namanya RAZIA dan ini disekitar Rancaekek dan mereka slalu stopin mobil plat B ada papan maaf tergangu sedang ada operasi
Plat lain mah lewat-lewat aja

Yang terakhir kemarin kocak dehhhh....
Karena saya buru-buru dan di STOPin juga dadakan
dalam hati ahh polisi stopin mobil asal-asalan saja posisi mobil lagi dikanan di stopin langsung ke kiri, tau kiri full mobil berderet berhenti juga lagi diperiksa.
Saya buka kaca, maaf depan aja pak polisi disini susah nambah macet lagi ntar kasihan mobil dibelakang
kedepan dikit ya?
dikira mau kabur kali diparkirin jalan dikawal hahahahh

Saya kasih STNK terus buka Seat Belt, SIM susah ambil dompet ga sengaja SIM A punya Istri ehhh polisinya ga ngeh
silahkan hati-hati dijalan ya
Pas udah jalan ga lama di Stop In lagi m polisinya
Iya pak kenapa pak??
Seat Beltnya mas lupa dipakai kata polisinya
Ohh iya pak makasih, kelupaan dehh jadinya

Pas dimobil di lihat sama Istri
Ga salah tuhh polisi SIM A punya mama ya dikasih hahahha

- GUNAKAN APLIKASI PETA WAZE/MAPS
Cek menggunakan Aplikasi WAZE/Maps prediksi sampai tujuan jam berapa?
perlu diinget aplikasi tersebut prediksi saat kita ingin START ya, jadi siapa tau sejam atau dua jam lagi jalanan berubah sudah macet jadi lihat aplikasi tersebut dilebihkan minimal 1 jam

Misal :
Waze/Maps Jakarta Tasik perjalanan dari jam 11:00 WIB prediksi sampai tujuan jam 17:00 WIB
Belum dipotong kita istirahat dijalan dll
jadi dilebihkan 1 jam berarti kira-kira sampai sekitar jam 18:00
JANGAN ini bahaya kalau malam dijalan untuk pemula lebih baik kita jalan jam 9:00 WIB jadi sampai tujuan sore hari

Pengalaman Stir Mobil Jakarta Tasik Jalan Berliku Naik Turun


- TONGTOL
Tongkat eTol GTO Ini lagi ngetred Oktober 2017 walaupun Harganya ga sampai Rp 15.000 tapi ga perlu-perlu banget lah malah ribet menuh-menuhin aja didalam mobil
Tips Aman di GTO Gerbang Tol Otomatis :
1. Lihat mobil depan sejajarkan mobil kita dengan mobil didepan
2. Reader GTO ini posisinya agak kedalem jadi sebelum kita sampai di Reader GTO setir kekanan sedikit, Bagi pemula mungkin malah kejauhan hemmm jangan sampai malah terlalu deket ntar spion mobil malah baret kena mesin heheheh

Trik Posisi Ngetap Kartu  E-Toll


Intinya mobil sejejar dengan depan kalau sudah hanpir deket READER setir puter kekanan dikit jadi kepala mobil serong ke reader GTO jamin pas dehhh
Nah kalau sudah pas mau jalan jangan lupa setir ke kiri ntar ngegas aja lupa malah nabrak trotoar GTO

Saat di TOL
INGET jangan pernah gunakan BAHU JALAN
Karena ini selain melanggar ini juga BAHAYA, karena bahu jalan ini kecil kalau meleng dan oleng amsyong dahhh nyungsep iya..dan bahu jalan rata-rata jalanannya ga rata jadi bahaya
Kalau diperhatiin kalau saya lewat TOL pasti banyak dehh mobil-mobil ngebut dan nyelip kekiri lewat bahu jalan, mungkin mereka mantan FAST FURIOUS kali ya???

- ISTIRAHAT PERJALANAN
Istirahat 2 kali sampai 3 kali saja cukup bisa nambah biasanya bagi muslim untuk menunaikan sholat fardlu.
1. Di Rest Area sekali
2. Setelah keluar TOLCILEUNYI
Cari Masjid/Minimarket untuk nglurusin kaki dan kendorin mata
3. Sebelum NAGREK
Karena ini kalau sudah sampai nagrek siap-siap ini perjalanan paling ekstrim naik turun belok tikungan tajem dan jalanan cuma cukup satu mobil saja kalau ada motor juga susah karena ngepress jalannya
WASPADA :
- Jaga jarak aman dengan mobil-mobil :
Truk, Kontener, Dan mobil-mobil besar lainnya
selain kita wajib jaga jarak jangan terlalu deket takut kalau nanjak mereka ga kuat mobilnya trus mundur kan ga lucu kalo kita dibelakangnya.
Kalau bisa selip aja mereka tapi cari jalanan yang pas lurus karena mereka jalannya kalau nanjak pelan-pelan kecuali kalo kamu mau sabar hehehe
Kecuali Mobil BIS mereka malah rata-rata ngebut-ngebut khusus bis yang baru ya
kalau yang BIS mesin lama sama juga jalannya kaya kontener

Pengalaman Stir Mobil Jakarta Tasik Jalan Berliku Naik Turun


- HINDARI MOBIL-MOBIL KURANG STANDAR
Pasti ada saja, apa mungkin lupa ga cek saat mau berkendara/belum sempet kebengkel ganti lampu ya?

Maksutnya kurang/tidak standar pabrikan seperti :
LAMPU BELAKANG/LAMPU REM LAIN DARI YANG LAIN
Lampu Rem mati sebelah/bahkan dua-duanya
Pindah posisi Tanpa Lampu SIGN main geser kanan-kiri belok suka-suka kadang pake sign kadang enggak
Lampu Rem dimodifikasi ada juga yang lampu rem pakai SCOTLITE warna merah semua
sampai lampu sign aja merah jadi kurang kelihatan.
Lampu Rem dimodif kedip-kedip iya kalau lampunya jelas nyala terang kl kedip-kedip ga jelas kan repot kita ga tau dia ngerem, Apalagi kita pemula mungkin bagi mereka simple tapi bagi pemula kan agak repot
Paling enak itu dibelakang mobil Fortuner/Innova/Pajero/NEW Avanza/Mobilio apalagi ya??
Yang jelas pabrikannya sudah mendesign dengan bagus lampu belakang dan rem panjang/lebar dan jelas dilihat pengendara dibelakangnya

- HUJAN BERKENDARA
Dan pas Hujan ini sangat membahayakan apalagi hujannya lebat
jalan pelan-pelan kalau perlu nyalakan lampu utama apabila gelap/lampu senja sesuaikan dengan kondisi

- BAWA MOBIL YANG SOPAN
Dalam artian ikuti mobil didepan dan sesuaikan kecepatannya jangan sampai didepan jalan agak cepet malah kamu jalan kaya kontener.
Paling penting gunakan SIGN saat mau oleng walaupun sedikit saja
ini paling penting karena kasian mobil yang dibelakang kamu
Gunakan Lampu HAZARD ketika mobil berhenti mendadak untuk menghindari seperti misalnya tabrakan beruntun dan kondisi bahaya lainnya



Pengalaman Stir Mobil Jakarta Tasik Jalan Berliku Naik Turun


Itulah ocehan saya selama stir mobil dijalanan yang belokan tajam naik turun, jangan takut biasa orang menakut-nakuti bahaya kalau baru bisa nyetir mobil bawa ke NAGREK harus bener-bener bisa dulu baru kesana.

Terus kapan bisanya kalau ga mencoba belajar???
Takut nabrak,kalau udah pegang stir pasti bisa koq dapet feelnya
kalau pas belokan aja agak pelan jangan ngebut-ngebut dan kalau pas turunan rem sesuaikan kondisi
pas tanjakan kalau matic sehh gampang
Tapi kalau MANUAL ini baru bener-bener dilatih dulu dan WAJIB mengguasai setengah kopling setengah gas karena sangat penting digunakan saat macet merayap..masa mau pakai hand rem terus???


UPDATE INNOVA TANJAKAN :
Berhubung Innova Diesel ini memang jarang saya pakai paling keluar sabtu mggu aja dan kalau pas liburan paling ke arah :
- Bogor biasa ke puncak kalo bosen liburan di Jakarta
- Bandung kebetulan ada saudara disana
- Lembang ini yang sering karena kakak tinggal disana
- Tasikmalaya ini paling ya 3bulan sekali pulang kesana ada keluarga istri disana
- Semarang paling setahun pulang 3kali tapi wisatanya rata-rata gunung semua
Jadi dari kesimpulan diatas untuk Mobil Innova Diesel saja ajak jalan-jalan yang memang rata-rata daerah tanjakan semua, kesimpulannya dibawah ini :

1. Untuk ke Tasikmalaya ga ada masalah dan berjalan lancar Innova Diesel
2. Untuk Bandung Lembang tanjakan dapat dilibas dengan aman
Curug Maribaya saat pulang tanjakan ga terlalu ekstrim dapat dilibas dengan sempurna,
Kawah Ciwidey kebetulan waktu itu macet tapi masih ok
Tangkuban Perahu macet tapi masih ok Innova Diesel
3 Tanjakan Gedong Songo macet 1 jam menuju pasrkiran mobil.
Ini perlu ekstra waspada karena beberapa bulan lalu mencoba Tanjakan macet dipuncak Gedong Songo, mobil penuh 8 orang dewasa dan mobil kondisi sekitar 4 Jam jalan terus tanpa istirahat.
Saat menuju ke parkiran Gedong Songo tanjakan ekstrim dan macet padahal Rem Tangan ok, pas pakai rem tangan ternyata masih mundur hohohoho untung mobil dibelakang jaga jarak dan saya coba sampai Full Rem Tangan TIDAK MUNDUR, Tapi rem tangan full ini pas lepasnya super duper keras banget alias butuh tenaga ekstra, padahal biasanya ditanjakan saya rem tangan tarik biasa ini saya kira full ternyata tidak, ada FULL nya ditarik sampai super poool dan lepasnya keras banget lhoooo.
Ade saya bontot saat ini pakai Avanza 2015 dan adek saya bilang bandel juga ya mobilnya padahal jalan udah sampai 4 Jam full tanpa istirahat kesini aja nanjak2 terus sekarang macet dan nanjak gini msh kuat aja













Pengalaman Stir Mobil Jakarta Tasik Jalan Berliku Naik Turun Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat
Tunggu artikel-artikel menarik Buka-Laptop selanjutnya

Apabila ada pertanyaan silahkan koment dikolom koment dibawah artikel ini.


Salam Buka-Laptop





















kata kunci : trik pemula bawa mobil ke luar kota, pertama kali stir mobil tasikmalaya, innova tanjakan ga kuat, innova diesel tanjakan, belajar mobil tanjakan aman, cara cepat belajar tanjakan kopling
loading...

0 Response to "Pengalaman Stir Mobil Jakarta Tasik Jalan Berliku Naik Turun"

Post a Comment

PERINGATAN SEBELUM KOMENTAR :
- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan,silahkan hubungi kami
- Semua artikel Buka-Laptop disini tidak ada unsur promosi iklan/mengejek dll.Ini hanya pengalaman semata.
- Dilarang Komentar mengejek/menjelekkan Merk,Produk dsb.
- Dilarang Komentar menggunakan LINK untuk tujuan PROMOSI PRODUK DLL tapi apabila LINK tujuannya bukan promosi akan kami review terlebih dahulu kemudian dipublikasikan.

Terimakasih telah berkunjung di Buka-Laptop, semoga artikel dan informasinya bermanfaat bagi Anda.