Pencairan JHT BPJS Jamsostek Tidak WAJIB Legalisir Stempel Cap Disnaker

loading...
loading...
Cara pencairan JHT Jaminan Hari Tua BPJS Jamsostek Terbaru dengan mudah tanpa syarat yang ribet dan prosesnya sangat cepat

Pencairan JHT BPJS Jamsostek Tidak WAJIB Legalisir Stempel Cap Disnaker




Pencairan JHT BPJS Jamsostek Tidak WAJIB Legalisir Stempel Cap Disnaker

Proses Pencairan Dana JHT BPJS Kali ini Buka-Laptop akan sharing bagaimana proses-prosesnya mulain dari Nol ya

SEBELUM EKLAIM ONLINE :
- GA ADA KOMPUTER DIRUMAH
kewarnet yang ada mesin scannernya, sekalian bawa dokumennya nanti langsung discan dan diupload ke eKlaim Online
jangan lupa masing-masing difotocopy dokumennya.

- ADA KOMPUTER GA ADA SCANNER
kewarnet/foto copy terdekat, semua dokumen discan masukkan kedalam Flash Disk/Memory Card Handphone, nanti eKlaim Online dirumah saja kan ada komputer

Lanjut dehhhhhh........


Pencairan JHT BPJS Jamsostek Tidak WAJIB Legalisir Stempel Cap Disnaker
Sebelum ke topik ini untuk prosenya
1. eKlaim Lewat Online SILAHKAN KLIK DISINI
2. Pencairan JHT BPJS SILAHKAN KLIK DISINI

Setelah kalian baca ke dua artikel link diatas tersebut langsung ke topik ya.....

Status JHT MASIH AKTIF saya cek diwebsite dan aplikasi ternyata JHT saya masih aktif padahal sudah resign sekitar 2 Tahun

Status kepesertaan JHT BPJS Masih Aktif

Dan kemudian saya langsung menghubungi HRD supaya diurus dan keesokan harinya langsung STATUS TIDAK AKTIF
Cepet juga ya kebetulan HRD temen deket jadi simple tinggal WhatsApp aja beres

Status Kepesertaan JHT BPJS NON AKTIF

Urusan Status kepesertaan selesai, ke proses selanjutnya ya....


SYARAT-SYARAT PROSES PENCAIRAN JHT TERBARU :

1. eKTP ASLI + 1 Foto Copy
2. Kartu Jamsostek ASLI
3. Surat Paklaring ASLI + 1 Foto Copy
4. KK + 1 Foto Copy
5. Pelaporan Berhenti Bekerja ke DISNAKER Untuk yang berhenti per 1 Sept 2015
6. Foto Copy Cover Buku Tabungan


Dan saya sendiri yang belum ada syaratnya yaitu NOMER 5
Belum ada Stempel Legalisir Cap DISNAKER
Karena waktu itu kerja di Jakarta Pusat dan Disnakernya ada di GAMBIR

Hemmmm lumayan jauh dan belum juga saya urus padahal saya resign kerjaan dari 2015
Pas kebetulan ada waktu dan pengen urus Legalisir Disnaker Gambir iseng-iseng googling dan cari alamat beserta review Disnaker Gambir dan melihat ulasan ternyata untuk saat ini tidak diwajibkan paklaring di legalisir horeeeeee

Ahhh masa iya sehhh parklaring ga perlu dilegalisir lagi, silahkan cek review ulasannya dibawah ini :

Stempel Disnaker TIDAK DIWAJIBKAN untuk JHT BPJS

Stempel Disnaker TIDAK DIWAJIBKAN untuk JHT BPJS

Yes yes ga perlu ke Disnaker, Langsung deh coba eKlaim JHT BPJS lewat online dan kemudian sekitar 3 harian baru dapet konformasi email dari BPJS Pulogebang dan eKlaim saya DITOLAK karena data tidak sesuai dengan data yang ada di BPJS


Email Konfirmasi Pencairan JHT BPJS DITOLAK

Ok dehhh
Langsung saya hubungi HRD kerjaan saya dulu dan membuatkan saya Surat Referensi Kerja/Paklaring baru dan disesuaikan dengan data yang ada di BPJS

Tau Kannnn.....Kebetulan HRD masih temen deket dulu waktu kerja, tinggal WhatsApp dan keesokan harinya langsung Paklaring sudah di tangan saya, karena ada keperluan keluar kota jadi eKlaim saya pending dulu nunggu pas di Jakarta aja.
kemudian saya scan dan coba lagi untuk eKlaim lewat internet
Dan keesokan harinya langsung dapet email konfirmasi dari BPJS Pulogebang dan pengajuan klaim JHT BPJS DISETUJUI

Email Konfirmasi Pencairan JHT BPJS Terbaru

Alhamdulillah akhirnya JHT diproses juga

Kenapa saya cairkan JHT?
Karena takut masa yang akan datang persyaratannya makin ribet hehehe
dan peraturan berubah lagi, makanya saya cairkan JHT sekarang dan lumayan juga hasil jerih payah selama 6 Tahun mendapatkan JHT Nominal Rp 8,575,233 padahal dulu UMP DKI 2009 masih Rp 1.069.865 dan pas Resign UMP Rp 2.700.000

Dokumen Klaim JHT BPJS Jamsostek :

1. KK beserta 1 lembar foto copy
2. eKTP beserta 1 lembar foto copy
3. Kartu JAMSOSTEK beserta 1 lembar foto copy
4. Paklaring beserta 1 lembar foto copy
5. Buku Tabungan BCA beserta 1 lembar foto copy cover depan saja
6. 1 Materai Rp 6.000
7. 1 Buah Pulpen

Di email BPJS untuk verifikasi data ke kantor hari jumat, berhubung Jumat waktunya mepet harus Sholat Jumat jadi saya pending dulu.
Dan hari Senin kebetulan ada kerjaan numpuk jadi dipending lagi

Hari Selasa langsung saya menuju BPJS Pulogebang untuk proses verifikasi data dengan membawa dokumen asli beserta foto copy

1. PARKIR CANTIK KENDARAAN DIDEPAN GEDUNG BPJS

Pencairan JHT BPJS Jamsostek Terbaru

Setelah MOTOR Terparkir dengan tenang langsung menuju ke SECURITY
Untuk Ambil NOMER ANTRIAN eKLAIM JHT
Dan security meminta menunjukkan EMAIL PERSETUJUAN eKLAIM


2. LAPORAN KE SECURITY BPJS
Kebetulan saya ga DOWNLOAD F5 yang ada diemail kenapa???
karena data tidak sesuai dengan data sekarang, mudah-mudahan kedepannya BPJS data lebih akurat
masa alamat masih pakai alamat lama dan nama ibu kandung tidak sama
Padahal di BPJS KESEHATAN data semua sudah terbaru sesuai NIK KK Diskucapil

Security memberikan ke saya :
1. F5 Untuk eKlaim JHT
2. Nomer Antrian
3. Surat Permohonan Pembuatan BPJS KETENAGAKERJAAN MANDIRI

Form F5 eKlaim JHT BPJS Jamsostek


Saya ga baca-baca koq banyak banget security kasih Formulirnya
waktu itu Desember 2016 saya klaim JHT istri cuma dapet form F5 aja

3. ISI DATA DAN TUNGGU NOMER ANTRIAN DIPANGGIL
Setelah mendapatkan form eKlaim langsung diisi 
Jangan salah disana antrian panjang ini bukan untuk eKlaim semua ya.
Justru eKlaim antriannya paling sedikit karena saya sudah dua kali kesana sama juga seperti itu

Formulir eKlaim JHT BPJS dan Nomer Antrian JHT

Baru juga sebentar masuk langsung Nomer Antrian di panggil belum juga selesai nulis formulirnya
ya udah lahhhh langsung ke CS waktu itu eKlaim di LOKET 4


Saat sampai di CS Langsung disapa manis sama mas-mas nya yang sangat ramah dan jelasin tujuan kita yaitu eKlaim JHT BPJS TK dan saya bilang ke CS

Maaf mas saya lanjutin dulu ya nulis Formulirnya soalnya tadi baru masuk langsung dipanggil nomer antriannya


JANGAN LUPA FORM F5 eKLAIM BAGIAN BAWAH
DIKASIH MATERAI Rp 6.000

Setelah kedua Formulir selesai
semua dokumen dikasihkan ke CS 
1. KK beserta 1 lembar foto copy
2. eKTP beserta 1 lembar foto copy
3. Kartu JAMSOSTEK (foto copyannya ga diminta)
4. Paklaring beserta 1 lembar foto copy
5. Buku Tabungan BCA beserta 1 lembar foto copy cover depan saja

Langsung proses verifikasi pertanyaannya :
Gaji Terakhir?
Pertama masuk kerja dan kapan keluar kerjaan?
Kerjaan sekarang?
Alamat Saat ini?
Nama Ibu Kandung?
apa lagi ya???? lupa heheheh


Kemudian difoto jeprat jepret oleh CS BPJS

Foto didepan CS BPJS Untuk eKlaim JHT

Dan selesai deh proses verifikasi data kita ke kantor BPJS TK
Jangan lupa semua DOKUMEN ASLI jangan sampai ketinggalan disana ya 

Bagi kalian yang belum memiliki REKENING BANK untuk saat ini semua sudah menggunakan metode Transfer dan bisa langsung Buka Rekening ada disebelah KANAN LOKET CS


4. PEMBUATAN BPJS TK MANDIRI JKK
Setelah selesai urusan eKlaim JHT BPJS simpan formulir F5 yang Kuning sebagai bukti bahwa kalian sudah melakukan verifikasi data dikantor BPJS

Formulir F5 eKlaim JHT

Kemudian Kalian akan disuruh ke bagian PENDAFTARAN TK Tenaga Kerja
Sebelah Kanan Loket CS


Kalau kalian mau minum dibelakang ada tempat minuman kopi-kopi cantik atau ada yang membawa baby juga ada ruangan khusus menyusui ibu dan anak.
dan ada kios menjual makanan ringan dll dibelanagnya


PENCAIRAN BPJS TK JHT WAJIB IKUT BPJS BPU

Ternyata ehhh ternyata pantesan koq formulir ada dua, kenapa satpam tidak info dan kenapa CS BPJS saat kita interview pencairan JHT ga bilang????
Saya sendiri ga mungkin kan baca-baca formulirnya tulisannya panjang kali lebar???
Lha wong pas baru sampai terus ga lama langsung dipanggil nomer antrian udah pas.

Formulir Permohonan Pembuatan BPJS TK Mandiri BPU Bukan Penerima Upah

Loket Pendaftaran BPJS TK Mandiri

Langsung sama CS Pendaftaran disuruh duduk manis dan dijelaskan dan dibawah ini percapakannya kurang lebihnya 
CS = customer service 
SY =  saya

CS : Mas ini saya jelaskan kurang lebihnya ini ada kartu BPJS Tenaga Kerja MANDIRI
       JKK Jaminan Kecelakaan Kerja BPU Bukan Penerima Upah
       dan iurannya bisa dilihat sendiri ya disitu form nya sudah ada
SY : Ahhhh ga mau ahhh mba
       saya sudah ada BPJS Kesehatan buat apalagi BPJS TK Mandiri
CS : Beda mas fungsinya BPJS JKK BPU xxxxxxx BPJS Kesehatan xxxxxxxxxx
SY : kalau saya ga mau gimana mba?
        apa ini WAJIB????
        ga kan??????
        saya nganggur kerja serabutan buat makan sehari-hari aja susah,suruh bayar premi BPU
        daripada preminya saya bayar ke BPU mending buat beli beras mba???
        ini aja nyairin JHT buat beli beras mba...masa suruh ikut BPU lagi mba
CS : Iya mas tapi untuk saat ini WAJIB minimal selama 3 bulan, karena untuk proteksi diri sendiri,
       Jadi nanti kalo mau STOP nunggu 3 bulan dulu dan ini auto debit saldo JHT koq
SY : Waduh mau nyairin JHT kepotong lagi ya buat BPJS JKK BPU Mandiri hemmmmmmm
Terpaksa deh , dan Premi JKK Rp 50.400/3 Bulan langsung 3bulan ga tanggung-tanggung ternyata, kirain sebulan gitu kan lumayan.Kenapa harus 3bulan dan wajib.
Tapi kalau dipikir-pikir banyak juga manfaatnya dengan kalian ikut Program BPU ini, tapi kan harusnya optional.



Iuran JKK BPJS TK Mandiri

Dan ini penampakan kartunya BPJS BPU TK Mandiri
Lumayan buat menuh-menuhin dompet (lebay)

Kartu BPJS Ketenagakerjaan Mandiri



Dan dihimbau untuk proses pencairan JHT BPJS sekitar 7 Hari kerja (sabtu minggu tgl merah ga dihitung)

Alamat Kantor BPJS Pulogebang


Selamat Tinggal kantor BPJS mudah-mudahan uangnya cepet ditransfer dan keluar parkiran motor bayar Rp 2.000



Dan pas saya cek BCA langsung deh uang cair uang masuk pas 5 hari kerja

Transfer Pencairan JHT BPJS Bank BCA
Dan total uang JHT Cair alias di Transfer Rp 9.086.260 dan di potong program BPU Rp 50.400
Padahal saat cek saldo di JHT Online Total saldo Rp 8.575.233 jadi ada pengembangan saldo lebih yaitu Rp 511.027
Kenapa bisa beda ya antara saldo JHT online dan hasil pencairan JHT, Saya sendiri kurang tau hohoho



KELEBIHAN EKLAIM BPJS PULOGEBANG :
- Proses lebih mudah dengan adanya eKlaim Online
- Pelayanan Security dan CS ramah
- Ada Welcome Drink
tapi kita ambil dan buat sendiri
- Nomer Antrian cepet masuk cuma 5 menit langsung dipanggil
- Verifikasi ulang data proses cepat
- Parkiran Mobil dan Motor lumayan luas
- Ada Counter Bank
langsung bisa buka rekening bank disana, tapi masa iya 2017 belum punya rekening hehehe


KEKURANGAN EKLAIM BPJS PULOGEBANG :
- JKK BPU
Kenapa coba kita diwajibkan saat kita mau klaim saldo JHT ikut JKK BPU
mungkin ini saya rasa sangat menggangu kali ya, tapi kalau ga wajib ya siapa yang mau ikut daftar hehehe



NOTES :
- Jadi buat kalian semua yang masih binggung dan pakai legalisir Disnaker silahkan dicoba eKlaim Online terlebih dahulu ya
- Jangan Lupa eKlaim lewat ONLINE jadi kekantor hanya untuk verifikasi ulang saja
- eKlaim JHT BPJS Jangan pernah menggunakan JASA EKLAIM lewat CALO/JASA DI INTERNET FACEBOOK INSTAGRAM DLL
Biasa Calo/Jasa Di Internet mematok tarif Rp 100.000 - Rp 300.000
Hanya eKlaim saja bayar MAHAL.

Inget jangan pernah tergiur bantuan jasa lewat calo/sosmed instagram facebook dll karena mereka tidak akan bisa membantu penuh cuma eklaim online saja.
Kalau eKlaim kalian di TOLAK uang dari CALO biasa dipotong Rp 50.000 - Rp 100.000 curang kan???
kalau motong Rp 10.000 sehhh wajar kalau seandaenya gagal

eKlaim online kalau dirumah ga ada scanner bisa ke warnet paling cuma habis Rp 5.000
Murah dan simple

- Pastikan semua dokumen sudah dilengkapi
Apabila Parklaring Hilang/Rusak/Tidak Punya 
solusinya cuma satu yaitu kalian meminta ke kantor perusahaan yang bersangkutan, apabila kantor/perusahaan tutup kalian bisa minta ke Disnaker

PERTANYAAN TETANG WAJIB/TIDAK IKUT PROGRAM BPJS BPU








Yups ini pengalaman Pencairan JHT BPJS Jamsostek Tidak WAJIB Legalisir Stempel Cap Disnaker


Tunggu artikel-artikel menarik Buka-Laptop selanjutnya

Apabila ada pertanyaan silahkan koment dikolom koment dibawah artikel ini.


Salam Buka-Laptop



















loading...

9 Responses to "Pencairan JHT BPJS Jamsostek Tidak WAJIB Legalisir Stempel Cap Disnaker"

  1. keren... yg di rawamangun juga bagus

    ReplyDelete
  2. Pak mau tanya, untuk iuran yg 3 bulan itu benar-benar hanya sampai 3 bulan saja tidak ya? Soalnya saya juga dapat formulir surat permohonan kepesertaan BPU yg katanya wajib itu, tapi setelah saya baca di artikel tanya-jawab dan yang bales langsung orang bagian BPJS Ketenagakerjaan itu sifatnya opsional dan cuma tawaran aja kalau gak ikut gakpapa tinggal bilang CSO bpjstk nya. Nah saya belum tandatangan di formulirnya, takutnya setelah 3 bulan malah dapet tunggakan terus menerus. Takut jebakan, soalnya CSO yg melayani saya gak dijelaskan seperti itu malah di alihin ke bank BNI. Kalau menurut pengalaman bapak bagaimana? Mohon pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak emang infonya dari BPJS Pusat TIDAK WAJIB, tapi pas dilapangannya hehehe...mungkin sekarang lebih bagus pelayanny lebih fair kali ya.


      Setelah proses interview pencairan JHT selesai CSO akan menggarahkan ke meja bagian pendaftaran BPU dan nanti dijelaskan oleh CSO BPU disana.

      Saya sendiri udah 10bulan aman-aman aja, kartu juga udah hilang entah kemana

      Delete
  3. PAk mau tanya klo misal kan kita gk ikut jht claim online tpi langsung Datang ke kantor ribet gk pak? TRs satu lgi itu materai hrs ap bs jg gk pake materai terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Online aja kak simple tinggal upload dokumenny aja nanti kekantor tinggal wawancara aja, wajib pake materai kak cuma 1 aja koq materainy

      Delete
  4. Ini ko bisa sama yaa pengalaman data ga sinkron haha bedanya yg saya cuma di fisik aja, kalo via data online udh bener dan anehnya verifikasi sukses (padahal beda nama di kartu 😂) btw membantu bgt artikel nya, bagi yg awam baca sampe beres & inget jgn pake calo!

    ReplyDelete
  5. Maaf kak mau nanya. Aku udah daftar online. Trus udh cetak f5 juga. Tapi data di f5 yng tgl mulai bekerja itu gak sama sama tanggal mulai bekerja yng ada di paklaring. Itu gimana ya kak? ? Ntar pengaruh gak ke proses selanjutnya? Mohon dijawab ya kak😊

    ReplyDelete
  6. Maaf kak mau nanya. Aku udah daftar online. Trus udh cetak f5 juga. Tapi data di f5 yng tgl mulai bekerja itu gak sama sama tanggal mulai bekerja yng ada di paklaring. Itu gimana ya kak? ? Ntar pengaruh gak ke proses selanjutnya? Mohon dijawab ya kak😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl email dr bpjs status di setujui ya cuekin aja kak

      Misal nanti pas interview ditolak simple aja minta lagi parklaring ke HRD

      Delete

PERINGATAN SEBELUM KOMENTAR :
- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan,silahkan hubungi kami
- Semua artikel Buka-Laptop disini tidak ada unsur promosi iklan/mengejek dll.Ini hanya pengalaman semata.
- Dilarang Komentar mengejek/menjelekkan Merk,Produk dsb.
- Dilarang Komentar menggunakan LINK untuk tujuan PROMOSI PRODUK DLL tapi apabila LINK tujuannya bukan promosi akan kami review terlebih dahulu kemudian dipublikasikan.

Terimakasih telah berkunjung di Buka-Laptop, semoga artikel dan informasinya bermanfaat bagi Anda.