Cara Merawat Hamster Dengan Baik Dan Aman

loading...
loading...
Mau memiliki teman bermain dirumah untuk menghilangkan stress setelah seharian penuh beraktifitas? Hamster ini bisa menjadi pilihan untuk kalian pelihara.

Cara Merawat Hamster Dengan Baik Dan Aman




Cara Merawat Hamster Dengan Baik Dan Aman

Hamster adalah menurut saya pribadi adalah tikus mini hehehe istilah lengkapnya kalian bisa googling sendiri. Masa iya ga tau sihhh hihihi

Kenapa saya bilang dengan memlihara hamster ini bisa menghilangkan rasa jenuh kalian?
Misalnya kamu sudah seharian penuh berpusing-pusing ria dikantor dengan kerjaan menumpuk, atau bosen biasanya apa yang kalian lakukan? pasti utak-atik HP kan cek IG, FB, YouTube hohoho
Bosen dirumah mau nongkrong di Mall? Iya kalo tiap hari begini, yang ada kantong jebol dehhh.

Biasanya untuk menghilangkan kejenuhan selain main HP rata-rata dengan memelihara ikan, burung, kucing dll.
Tapi ini sedikit berbeda, Yaitu memelihara hamster, karena hamster ini adalah binatang yang super aktif jadi kamu bisa nongkrong disamping kandang hamster, maka akan mendapatkan keceriaan tersendiri.
Saya sendiri awalnya kurang tertarik dengan memlihara hamster, karena sikecil ini kalo bundanya kepasar selalu ikut dan pas pulang kebetulan beli dua ekor hamster berjenis campbell

Dalam hati waduh ada-ada aja sikecil ini mintanya, tapi setelah diperhatiin ini hamter lucu banget bisa ngilangin bete dengan melihat keaktifannya mereka lompat lari salto kejar-kejaran dll.
Akhirnya bukannya sikecil yang mainin hamsternya malah saya sendiri yang repot dengan hamsternya dengan memelihara dengan sebaik mungkin karena ini sangat lucu.


Cara Merawat Hamster Dengan Baik Dan Aman

Kenapa alasannya saya tertarik untuk memelihara hamster?
1. Lucu, bisa menghilangkan boring
2. Biaya perawatannya murah
3. Tidak jorok, cukup dikandangin aja
4. Imut-imut.
5. Sekali beranak bisa sampai 10 bayi

Dan masih banyak lagi alasannya.
Waktu dulu saya masih ngantor, ada temen yang memelihara, sering cerita sama saya.
Tapi saya cuek bebek, males banget pelihara hamster jorok hemmmm
tapi ternyata sekarang saya baru inget ternyata apa yang dia bilang ini adalah memang bener karena hamster ini adalah binatang yang lucu.


Cara Merawat Hamster Dengan Baik Dan Aman

Persiapan sebelum memelihara Hamster
1. Beli Hamster minimal adalah 3 ekor
Dengan jenis kelamin 1 jantan dan 2 betina, kenapa supaya apabila sibetina ini meninggal ada temennya sijantan tersebut, karena pertama saya membeli hanya dua ekor saja, yaitu 1 jantan 1 betina, dan sibetina meninggal karena dikejar-kejar terus sama sijantan dan kelaminnya digigitin sampai meninggal, Masya Allah sungguh napsu sekali sijantan hehehe
Saya kepenjual cerita, penjual bilang beli lagi 2 betina memang kalo hamster jantan aktif harus punya bini 2, waduh bisa aja abang jualan ga sekalian beli 5 biar hamsternya bini 5 hehehe
Tapi memang bener, apa yang dikatakan penjual tersebut, ga lama kedua betina tersebut melahirkan anak.

2. Beli kandang Hamster
Udah beli hamsternya masa iya sihh ga beli kandangnya
Untuk jenis kandang hamster ini banyak sekali variannya 
saya sendiri lebih suka yang kecil ini untuk kandang kawin sihamster
kandang rame-rame saya membeli akuarium ikan, ini lebih hemat
Cara Merawat Hamster Dengan Baik Dan Aman

Saya menggunakan akuarium karena ini lebih luas dan sihamster akan lebih leluasa
dan saya ada kandang kecil ini saya pisahkan untuk kawin sihamster supaya tidak tercampur.
Baskom/Ember bekas ini untuk hamster lahiran WAJIB dipisah supaya induknya lebih memperhatikan si baby hamster.

3. Perlengkapan Hamster
Karena saya membeli kandang kecil ini Harga Rp 35.000 sudah dapet kincir-kincir dan tempat makan
- Beli tempat minum hamster

Harganya Rp 15.000
bisa diselipin dikandang besi, kalo diakuarium saya akalin dengan botol bekas aqua

- Kincir Jamster/jogging whell
Kalo beli kandang hamster sudah termasuk, jadi udah ga perlu beli lagi, tapi untuk diakuarium hamster saya membelinya seperti dibawah ini :

Cara Merawat Hamster Dengan Baik Dan Aman

Harganya Rp 15.000-25.000

- Pasir Mandi Hamster
Hamster ini mandinya bukan dengan air tapi menggunakan pasir wangi hamster, kamu bisa gunakan kandang hamster kecil dengan pasir wangi, biarkan mereka kibas-kibas mandi sendiri, atau beli tempat mandi hamster juga boleh, kalau ga mau repot


Harga pasir wangi Rp 11.000-15.000
Harga Toilet Tempat Mandi Rumah Hamster Rp 15.000-25.000

- Pasir Hamster Sebagai Alas
Untuk dikandang supaya hamster tidak basah kamu harus menggunakan pasir zeolit

Tapi sekali lagi disini yang cocok dan tidak bau dan cepat menyerap pipis, saya sarankan menggunakan PASIR ZEOLIT HALUS, Kenapa??
karena apabila kamu menggunakan serbuk kayu ini jorok dan bau, karena makanan dan bekas pup bahkan kurang menyerap bekas pipis hamster.
Pasir Wangi karena ini terlalu halus, apabila ada bekas pipis hamster menggumpal dan lama keringnya.kamu bisa ambil lalu dibuang gumpalannya atau dibejek supaya hancur dan mencampur sehingga cepet kering.

- Makanan Hamster
Hamster ini termasuk binatang omnivora, sama seperti kita heheh
disarankan tidak memberi makanan daging karena nanti apabila kamu pegang dikira daging makanan dia, digigitin deh tangan kamu hehehe

Lebih baik gunakan pakan hamster hamsfood yang bisa kamu beli di Petshop biasanya campuran antara kuaci, biji-bijian dll

Tapi kalau kamu ga mau repot bisa kasih makan sawi, sayuran, buah-buahan, wortel
Saya lebih suka campuran kadang hamsfood, sayur sawi dan wortel supaya mereka tidak bosen.

Cara Merawat Hamster Dengan Baik Dan Aman

Setelah kalian mempunyai semua perlengkapannya dan makanan hamster, dibawah ini adalah pantangannya supaya hamster selalu sehat dan berkembang biak
1. Pisahkan antara Hamster biasa dengan Hamster Siap Kawin
Jadi minimal kamu punya kandang 2 untuk hamster yang kamu pelihara dan hamster yang siap kawin.

Cara mengetahuinya Hamster siap kawin bagaimana???
Biasanga sijantan akan mengejar2 sibetina, Ini adalah tandanya kamu harus pisahkan kandangnya supaya mereka bisa bulan madu dengan bebas, kalau bisa tambahkan sibetina lagi
Satu kandang isinya satu jantan dan dua betina

2. Hindari Sinar Matahari
Hamster harus ditempatnya disuhu yang sejuk, apabila terkena sinar matahari maka sihamster akan basah (keringetan) dan mengakhibatkan sakit hingga meninggal

3. Hindari dari Air
Kena matahari aja basah bisa sakit, bagaimana kalo kena air, makanya hamster mandinya itu menggunakan pasir wangi bukannya air, dan minumnya juga menggunakan tempat minum khusus.

4. Hindari Berkelahi
Hamster biasanya kalau belum kenal maka akan berkelahi, ini hampir semua binatang (Tak kenal maka tak ajak berantem heheh)
kamu bisa jinakkan dan dicoba dicampur lagi, supaya lebih akrab

5. Hindari Ketinggian
Hamster ini takut dari ketinggian, memang badannya hamster ini lentur, tapi kalau jatuh dari ketinggian bisa mengakhibatkan sihamster ini stress dan bisa lumpuh, bahkan berdarah dimulutnya.

Karena saya pernah alami kandang saya taruh dimeja kemudian karena masih baby bisa molos dari sela-sela besi dikandang dan jatuh, ternyata sihamster tersebut pincang dan mulutnya berdarah, Masya Allah saya sedih banget kemudian saya rawat dan Alhamdulillah sehat sembuh dari pincang.

6. Sering di Pegang
Hamster akan menggigit apabila jarang dipegang oleh tangan manusia
dan dikasih makan berdaging, karena waktu itu saya sibuk tidak pernah main dengan sihamster sekitar 1bulanan, pas mau saya pegang gigit wauwwwww
saya jinakkan sekarang semua hamster saya bisa dipegang tanpa menggigit.

7. Kandang Harus Selalu Bersih
Ini kenapa saya menyarankan menggunakan Pasir Zeolit, karena apabila menggunakan pasir wangi susah membersihkan sisa pupnya/bekas pipusnya karena halus banget.
Menggunakan serbuk kayu ini lebih parah lagi karena susah membersihkan pupnya dan bau.
Kandang harus selalu dibersihkan kalau saya sehari sekali jadi super bersih kandangnya dan wangi.
Maksimal 3hari sekali dibersihkan ya
karena hamster ini kerjaannya adalah pup terus jadi pasti banyak kotoran pupnya

8. Ganti Alas/Pasir Secara Rutin
kapan saya menggantinya?
ketika sudah bau dan susah dibersihkan, karena saya setiap pagi sebelum kerja saya selalu bersihkan pasirnya dengan disaring/ayak kemudian saya jemur, Siang diambil jadi selalu bersih
Kebetulan ada kandang dirumah 2 dan Akuarium 1
jadi ganti-gantian hamsternya saya bersihkan kandangnya.

Kalau mau hemat pasir zeolit bisa kamu cuci kemudian dijemur sampai kering

9. Makan Jangan Di Kandang
Mungkin ini yang jarang dilakukan, tapi saya selalu melakukannya supaya kandang ini selalu higienis dan bersih, Kenapa???
karena kalau makanan ditaro dikandang maka akan kotor apalagi kalau menggunakan pasir wangi atau serbuk kayu, bercampur antara makanan dan pasir
Hamster makanan dikorek-korek berantakan. Jadi ini wajib dilakukan supaya kandang selalu bersih.

Makan hamster sehari sebanyak 4kali : Pagi, Siang, Sore dan Malam
saya ada kandang khusus untuk makan jadi gantian supaya tidak berebutan, kalau kalian ga mau keluar uang bisa menggunakan baskom/bekas ember bocor atau sejenisnya

Jadi kandang hamster selalu bersih dan sihamster tidak akan pernah namanya kelaparan, karena kita rutin selalu memberikan makanan.

10. Hamster Di Tinggal Lama
Apabila kamu ada tugas atau mau liburan terus dirumah ga ada orang bagaimana???
perlu dititipkan tetangga atau Petshop?
Optional saja, karena saya juga sering keluar kota seminggu kadang sampai dua minggu dan dirumah kosong, saya selalu menyiasati dengan cara.
Pasir Zeolit saya ganti dengan Hamsfood jadi mereka tidak akan kelaparan walaupun ditinggal pergi

Berapa gram makanan yang kamu sediakan??
Tergantung berapa lama kamu perginya, silahkan prediksi sediri
Dikandang wajib disediakan :
- Minuman jangan sampai kosong, prediksi biasanya abis berapa mili, kamu harus dilebihkan
- Pasir Zeolit saya ganti dengan makanan hamster
- Makan wajib yang tidak kotor dan sampah basah (Hindari sayur-sayuran)
- Pasir wangi di tempatnya

Jadi jangan asal kamu meninggalkan hamsternya, kamu harus punya prediksi dan memikirkan supaya mereka tidak kelaparan dan kehausan saat ditinggal dan periksa hamsternya ada yang sakit/hamil/ sedang kawin dll? apabila sedang kawin lebih baik pisahkan jangan campur apalagi sama pejantannya. Takutnya nanti ketika kamu pergi ternyata hamsternya melahirkan.

Atau titip ke tetangga/temen
untuk selalu cek kondisi hamster, supaya mereka selalu sehat dan tidak kekurangan konsumsi.























loading...

0 Response to "Cara Merawat Hamster Dengan Baik Dan Aman"

Post a Comment

PERINGATAN SEBELUM KOMENTAR :
- Komentar yang mengarah ketindakan spam dan tidak berkaitan dengan isi artikel terkait, tidak akan dipublikasikan.
- Tidak semua pertanyaan melalui komentar di jawab oleh admin.
- Bagi advertiser yang ingin memasang banner iklan,silahkan hubungi kami
- Semua artikel Buka-Laptop disini tidak ada unsur promosi iklan/mengejek dll.Ini hanya pengalaman semata.
- Dilarang Komentar mengejek/menjelekkan Merk,Produk dsb.
- Dilarang Komentar menggunakan LINK untuk tujuan PROMOSI PRODUK DLL tapi apabila LINK tujuannya bukan promosi akan kami review terlebih dahulu kemudian dipublikasikan.

Terimakasih telah berkunjung di Buka-Laptop, semoga artikel dan informasinya bermanfaat bagi Anda.